Selasa, 15 April 2014

Tips Install Blog WordPress Secara Offline

Tips Install Blog WordPress Secara Offline
ditulis oleh Edo Chrisnado 17 December, 2012
Kamu mempunyai blog WordPress, hosting sendiri dengan pengunjung yang banyak? Ingin mengedit tampilan blog kamu agar tampak keren? Kalau kamu mengeditnya dalam keadaan online akan sedikit berbahya dan mempengaruhi pengunjung. Sebaiknya kamu memodifikasi tampilan blog secara offline.
advertisements

Selain menghemat biaya internet, kamu juga bisa dengan lebih mudah dan cepat dalam modifikasi tampilan. Karena dalam modifikasi tampilan blog, kamu akan sering sekali edit code, save kode, refresh halaman dll, yang tentunya membutuhkan waktu yang lama jika kamu melakukannya secara online. Untuk melakukan hal tersebut kamu bisa menginstal wordpress pada server local komputer. Bagi yang ingin mengetahui bagaimana caranya, berikut ini akan PG jelaskan langkah–langkahnya:
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload wordpress dan software server local yaitu Xampp, berikut link downloadnya.
Download WordPress
Download Xampp
advertisements


Setelah mendownload keduanya, kamu lanjutkan dengan menginstall xampp pada komputer. Klik dua kali pada installer Xampp, kemudian akan muncul window untuk proses instalasi. Lakukan instalasi seperti biasanya.
Catatan: Jika kamu memakai Windows Vista sebaiknya jangan diinstall di drive C karena Xampp tidak akan berjalan dengan baik. Install saja di drive D atau terserah di drive mana.



Jika Xampp sudah terinstal di komputer klik 2 kali icon Xampp yang ada di desktop kamu. Setelah panel Xampp terbuka, klik tombol running yang ada di samping kanan tulisan apache dan mysql.


Buka browser misalkan saja Firefox, Opera, Chrome atau dsb. Pada URL bar ketikkan “http://localhost“, setelah itu kamu akan masuk ke cpanel dari Xampp. Klik menu di bagian kiri yaitu Tools dan didalamnya terdapat phpMyAdmin untuk membuat database blog kamu. Pada form create new database, isikan nama database yang akan menjadi database blog kamu. Kamu bisa memberi nama databasenya sesuka kamu, misalkan db_blog kemudian klik tombol create.


Server lokal dan database blog kamu telah selesai dibuat, sekarang saatnya menginstal wordpress di komputer kamu. Caranya extract file wordpress yang sudah kita download tadi. Kemudian copy semua file dan folder yang ada di dalam folder wordpress. Masuklah ke dalam folder instalasi xampp kamu yang tadi, misalkan di C:\xampp\htdocs. Buat satu foder baru di dalam folder htdocs, misalnya pusatgratis. Paste semua file worpress yang sudah kita copy tadi ke dalam folder pusatgratis yang ada dalam folder htdocs.


Oke..sekarang proses instalasi dimulai. Buka sebuah browser baru dan isikan localhost/pusatgratis, akan muncul sebuah tampilan wordpress, pilih create a configuration file. Setelah itu akan muncul halaman baru dan klik lets go.

Kemudian akan muncul form-form sebagai berikut:
Database name : isikan database yang sudah kita buat tadi, misalkan db_blog
Username : isi dengan kata “root” (tanpa tanda petik)
Password : biarkan tetap kosong
Database host : isi dengan kata  “localhost”
Table prefik : tidak perlu diubah
Klik tombol submit

Akan muncul halaman lagi dan klik tombol “run the install”
Kemudian akan muncul lagi halaman. Isi form2 sbb :
Blog title : isi dengan judul blok kamu. Misalnya, “blogkamu”
Your email : Isi dengan alamat Email kamu
Klik install wordpress


Setelah itu akan muncul halaman success, di halaman itu ada username dan paswword sementara kamu. Copy atau catat baik-baik passwordd sementara tersebut, karena kalau misalkan hilang maka kamu harus menginstal lagi dari awal. Saya sarankan Copy saja password tersebut, terus klik tombol login. Setelah itu muncul halaman login. Isi username kamu dan paste password sementara tadi di form password. Klik login.

Selamat. WordPress telah terinstal secara lokal pada komputer kamu..  :),Sekarang kamu bisa langsung memulai modifikasi tampilan blog kamu terlebih dahulu.
Untuk melihat blog, ada di localhost/pusatgratis/
Untuk masuk ke dashboard panel, ada di localhost/pusatgratis/wp-admin


Kamu bisa modifikasi tampilan dengan lebih cepat dan hemat sebelum mengupload wordpress kamu ke web hosting yang kamu sewa.
Satu catatan yang penting, setiap kali komputer dihidupkan, kita harus mengaktifkan apache dan mysql dengan klik tombol start di samping kanan apache dan mysql yang di kontrol panel xampp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar